Mengenal Astronomi Amatir - Toko Astronomi

Mengenal Astronomi Amatir

1 tahun yang lalu    
Mengenal Astronomi Amatir

Pendahuluan

          Astronomi, kalau berbicara tentang Astronomi hal pertama yang terbayang adalah bintang-bintang yang ada di langit malam, bintang-bintang yang berkelap-kelip tiada henti hingga fajar datang menghampiri. Suasana malam membawa kita ke dalam lamunan yang begitu indah di atas langit yang begitu banyak bertaburan bintang. Bintang-bintang itu menghilangkan kesepian malam yang gelap gulita. Dan apabila kita pelajari lebih dalam, lebih detail ternyata kita melihat sederetan bintang yang berjalan dari timur ke barat tanpa mereka berpisah, menyatu layaknya perangko dan surat. Mereka membentuk satu kumpulan yang kita kenal sebagai Rasi bintang atau Konstelasi bintang, dan rasi bintang yang kita kenal saat ini adalah rasi zodiak. Sejenak kita terbangun dari lamunan indah ini, dan kita sadari bahwa ternyata ilmu Astronomi itu begitu indah ketika kita mau mempelajarinya. Dan hal ini bisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja.

 

Astronomi Amatir itu….

            Terkadang kita bertanya, Astronomi itu apa sich sebenarnya? yang kami tau hanya bintang-bintang. Ternyata Astronomi itu berasal dari bahasa Yunani, astron yang artinya bintang dan nomos yang artinya ilmu. Dan Astronomi dalam kajian ilmu adalah disiplin ilmu pengetahuan yang merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit — seperti asal-usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak — dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

            Sementara itu kata Amatir berasal dari bahasa latin, yaitu amator, amo yang berarti pecinta berakhiran dengan kata —tor sebagai suatu objek yang dicintai. Seperti yang kebanyakan orang ketahui Amatir memiliki arti seseorang yang kemampuannya terbatas, pemula, kurang pengalaman dan awam. Ternyata setelah kita ketahui saat ini Amatir memiliki arti jauh di atas yang kebanyakan orang bayangkan.

            Berdasar kajian etimologi yang sudah kita bahas sebelumnya, kita mengetahui bahwa Astronomi Amatir itu adalah sebait kata-kata yang dibuat untuk menyebutkan seseorang yang mencintai suatu keilmuan dengan dasar cinta dan hobi. Mereka tidak menjadikan bentuk kegiatan mereka di dalam Astronomi sebagai sumber datangnya rezeki atau penghasilan. Mereka meluangkan waktunya di tengah-tengah kesibukan mereka. Beda dengan Astronomi Profesional.

            Astronom Profesional adalah Ahli Astronomi yang memang sudah fasih di dalam bidang tersebut, mereka mempelajari Astronomi melalui pendidikan formal di perkuliahannya. Astronom profesional akan mempelajari satu objek bertahun-tahun bahkan hingga akhir hayatnya. Pada abad ke-20, astronomi profesional terbagi menjadi dua cabang: astronomi observasional dan astronomi teoretis. Yang pertama melibatkan pengumpulan data dari pengamatan atas benda-benda langit, yang kemudian akan dianalisis menggunakan prinsip-prinsip dasar fisika. Yang kedua terpusat pada upaya pengembangan model-model komputer/analitis guna menjelaskan sifat-sifat benda-benda langit serta fenomena-fenomena alam lainnya. Adapun kedua cabang ini bersifat komplementer — astronomi teoretis berusaha untuk menerangkan hasil-hasil pengamatan astronomi observasional, dan astronomi observasional kemudian akan mencoba untuk membuktikan kesimpulan yang dibuat oleh astronomi teoretis. Namun bagi astronom profesional, pengamatan langit menggunakan teleskop-teleskop di observatorium atau bahkan teleskop landas angkasa tidak bisa dilakukan setiap hari hanya untuk satu obyek.  Biasanya para astronom ini mengajukan proposal meminta waktu terbaik untuk pengamatan satu obyek yang hanya beberapa hari dalam setahun. Berbeda dengan astronom amatir yang bisa melakukan pengamatan kapanpun dengan alat mereka sendiri. Bahkan mereka bisa melakukan pengamatan pada satu obyek selama berbulan-bulan tanpa harus berbagi waktu penggunaan alat dengan astronom lainnya.

 

Kegiatan Astronomi Amatir

          Keberadaan astronomi dikalangan masyarakat di mana pun berada memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mempopulerkan Astronomi dikalangan masyarakat dari anak-anak hingga dewasa. Astronomi amatir sendiri biasanya dikaitkan dengan kata pengamatan malam, karena kebanyakan dari mereka melihat bintang-bintang di malam hari, mulai dari observasi planet atau fenomena-fenomena astronomi lain semisal hujan meteor. Namun ada juga yang mengamati bintang pada siang hari, bintang tersebut ialah Matahari. Mengamati matahari lebih dekat pun sangat menarik buat kalangan astronom amatir karena kita bisa melihat ternyata matahari tidak semulus yang kita bayangkan atau kita lihat, matahari memiliki bintik matahari atau yang internasional kenal sebagai sunspot. Dan yang kini populer di astronom amatir adalah astrofotografi, yaitu pemotretan langit malam, ada yang memotret galaksi bimasakti, nebula bahkan hingga hujan meteor.

            Astronom amatir di Indonesia dan di luar Negri kita memiliki perbedaan dalam kegiatannya, di Negara lain para amatir hanya bertemu sebulan sekali dan dalam sekali pertemuannya itu mereka membawa teleskop masing-masing yang mereka miliki sendiri dan melakukan observasi langit dan diakhir pertemuannya masing-masing saling mempresentasikan hasil observasinya itu. Sedangkan Astronom amatir di Indonesia menitikberatkan pada pertemuan rutin untuk pembahasan materi-materi astronomi dan diskusi astronomi. Sedangkan pada Himpunan Astronomi Amatir Jakarta itu sendiri memiliki banyak kegiatan pula, diantaranya pertemuan rutin 2 mingguan, star party, workshop astronomi, fenomena astronomi hingga penyuluhan astronomi.

            Dalam kegiatan-kegiatan yang astronom amatir lakukan mereka juga memiliki peran atau andil dalam keastronomian yang ada hingga sekarang, seperti yang telah disebutkan dipembahasan sebelumnya banyak astronom amatir yang dapat menemukan hal baru di dalam dunia astronomi mulai dari penemuan asteroid hingga supernova dan itu sangat membantu terutama bagi para astronom professional.       

           Dalam kegiatannya mereka memiliki instrument astronomi penunjang kegiatan mereka. Yang paling mudah dan tidak membutuhkan biaya mahal adalah mata, karena hal pertama yang dibutuhkan adalah mata kalau kita tidak bisa melihat bagaimana kita bisa melihat bintang-bintang. Instrument yang kedua adalah peta langit, biasanya peta langit bisa di dapat di planetarium yang ada di daerahmu, peta langit dibutuhkan untuk mengetahui letak bintang pada waktu yang akan kita amati dan untuk mempermudah kita. Untuk kita melihat benda langit agar lebih detail atau istilahnya kita zoom, para astronom amatir biasanya menggunakan binokuler atau teleskop. Dengan bantuan binokuler atau teleskop kita bisa melihat kawah-kawah yang ada di bulan, mengamati pergerakan satelit-satelit Jupiter yang terbesar dan dapat melihat planet saturnus dengan cincinnya yang sangat indah.

 

by: @dedynih

Photo by: detikcom



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Mengenal Astronomi Amatir"